-->

Peringati HANI 2022, BNNK Mojokerto Bentuk Kelurahan BERSINAR

01 Juli 2022, 12:43:00 PM WIB Last Updated 2022-07-01T05:43:45Z

Peringatan Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) 2022, BNN Kota Mojokerto bersama Pemerintah Kota Mojokerto luncurkan tiga Kelurahan BERSINAR (Bersih Narkoba), Kamis (30/6). Yakni, Kelurahan Gununggedangan, Purwotengah dan Surodinawan.  
Menurut Kepala BNNK Mojokerto AKBP Suharsi, berdasarkan data tahun 2022 hingga kurun waktu pertengahan tahun, jumlah kasus narkotika yang ditangani Polres Mojokerto Kota Mojokerto 44 laporan polisi dengan 57 orang tersangka, sedangkan jumlah kasus narkotika yang ditangani Polres Mojokerto yaitu 35 laporan polisi dengan 70 tersangka.
" Upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, BNNK Mojokerto mengajak elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam P4GN melalui Tim Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) dan Kelurahan Bersinar," paparnya.
Alhasil, Atas peran aktif dan kemandiriannya dalam upaya penanganan pecandu, Tim IBM Kelurahan Prajuritkulon mendapatkan penghargaan dari Kepala BNN Provinsi Jawa Timur pada peringatan puncak HANI Tahun 2022 di BNNP Jawa Timur pada Senin 27 Juni 2022 kemarin. Pada Tahun 2022, Tim IBM yang dibentuk oleh BNNK Mojokerto yaitu Tim IBM Kelurahan Gununggedangan. Saat ini jumlah pecandu yang ditangani yaitu  2 klien.
Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutannya mengaku prihatin terhadap meningkatnya jumlah penyalahgunaan narkoba di kotanya.
"Dalam memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba bukan hanya menjadi tugas kepolisian, BNN, Kalapas dan Kejaksaan Negeri melainkan kita bersama," jelas Ning Ita.
Menurutnya, melalui berbagai program yang disinergikan antar semua dinas, mulai dari kepolisian, kejaksaan, pemerintah kota, cabang dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jatim, BNN maka dibuat sebuah skema untuk menanganinya mulai dari keluarga.
"Terima kasih atas gagasan Kepala BNN Kota Mojokerto yang sudah menggagas tiga kelurahan bersinar. Harapan saya tidak hanya tiga kelurahan, namun semua kelurahan, yakni 18 kelurahan di Kota Mojokerto bisa menjadi Kelurahan Bersinar," pungkasnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini