...


Batik ecoprint merupakan hasil kerajinan tangan yang sangat digemari di luar negeri, selain coraknya yang bagus dan bernilai seni, proses pembuatannya juga terbilang sederhana, mudah dan cukup unik.
Pada dasarnya Batik ecoprint adalah sebuah kerajinan tangan bukan batik karena kalo kita tahu orang membatik berarti menitik dengan canting beda dengan ecoprint yang merupakan proses sederhana dengan media alami tumbuhan.
Seperti yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menegah Provinsi Jawa Timur yang aktif mengadakan pelatihan atau Workshop Batik Ecoprint.
Berikut tahapan untuk melakukan proses basic ecoprint adalah sebagai berikut, bentangkan plastik sebagai alas ditempat yang datar kemudian kain dibentangkan diatas alas plastik tersebut. Setelah itu tata sedemikian rupa daun tersebut dengan berbagai bentuk dan ukuran.
Jika ingin mendapatkan bentuk daun yang bervariasi, kita bisa bisa diletakkan daun tersebut secara tertelungkup maupun terlentang. Jika ingin mendapatkan efek mirror tinggal lipat kain secara vertikal maupun horisontal. Untuk diketahui bahwa daun yang dipakai adalah daun yang sudah melalui proses threatment. setelah itu tutup kembali dengan plastik, buat gulungan atau bunddle menggunakan roller kayu terus ikat dengan tali rafia atau sejenisnya baru kemudian di kukus minimal dua jam untuk kain berbahan sutera dan minimal dua setengah jam untuk kain berbahan katun.
Setelah itu diangin-angin atau biarkan mengalami oksidasi selama tiga sampai enam hari. untuk fiksasi bisa dibilas dengan air biasa dengan tawas dan dijemur tanpa diperas dan setelah kering, kain siap untuk dijadikan berbagai pola seperti kaos, baju dan lain-lain.
Batik Ecoprint ini juga merupakan peluang usaha  yang bisa anda perhitungkan misalnya ibu rumah tangga pelajar yang ingin starter berbisnis ataupun mereka yang menjelang pensiun, dimana pangsa pasar untuk batik ecoprint masih terbuka luas, bahkan daerah lain juga ada yang sampai ekspor ke manca negara karena memang selain digemari, ramah lingkungan juga unik. Bagaimana? tertarik untuk mencoba? (lintasmojo)
Berikut videonya batik ecoprint yang sudah jadi diangin-angin atau mengalami proses oksidasi















Batik ecoprint merupakan hasil kerajinan tangan yang sangat digemari di luar negeri, selain coraknya yang bagus dan bernilai seni, proses pembuatannya juga terbilang sederhana, mudah dan cukup unik. Pada dasarnya Batik ecoprint adalah sebuah kerajinan tangan bukan batik karena kalo kita tahu orang membatik berarti menitik dengan canting beda dengan ecoprint yang merupakan proses sederhana dengan media alami tumbuhan.

Label:

Post a Comment

Mari bijak dalam berkomentar, Jangan menyinggung SARA, Jangan melakukan komentar spam atau promosi, trims

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
close