-->

SRPB Jatim Ikut Latihan Evakuasi Mandiri dalam Rangka HKB

26 April 2022, 2:54:00 PM WIB Last Updated 2022-04-26T07:54:58Z

*Sidoarjo* – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 26 April 2022, BPBD Jawa Timur menggelar Latihan Evakuasi Mandiri. Latihan ini diadakan di Kantor BPBD Jatim di Jalan Letjen S Parman No. 55, Waru, Sidoarjo, Senin 25 April 2022.
Sekitar 100 peserta hadir dalam kegiatan latihan ini. Mereka berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) maupun instansi lainnya. Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim juga ikut dalam kegiatan ini bersama organisasi kebencanaan lainnya.
“Bertempat di Ruang Rapat Siaga Kantor BPBD Jatim, latihan ini berupa evakuasi mandiri bencana gempa bumi dan kebakaran. Hal ini  mengingat sebagian besar karyawan berada di dalam kantor,” ungkap Ahmad Abad Dloifan, salah satu peserta dari SRPB Jatim.
Simulasi evakuasi mandiri ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap ancaman, kapasitas dan risiko bencana, peningkatan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di lingkup masing-masing. Khususnya di lingkungan instansi dan lembaga terkait.
Dalam latihan ini, materi yang diberikan berupa pengetahuan Basic Life Support (BLS) bagi orang awam. Kemudian, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dan proses dan tata cara evakuasi mandiri ketika terjadi bencana. “Juga dilakukan melakukan praktik pijat jantung pada korban bencana,” imbuh Ahmad Abad Dloifan.
Peserta juga melakukan praktik identifikasi korban patah tulang karena kecelakaan, menyelamatkan orang tersedak, menggunakan bidai pada korban patah tulang. Serta tanya jawab mengenai isi dari paparan materi yang disampaikan.(*)
Komentar

Tampilkan

Terkini