-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Mojokerto dan Sekitarnya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Ika Puspitasari: Seribu Rumah Sudah Manfaatkan IPAL Komunal

    10 Desember 2020, 7:42:00 PM WIB Last Updated 2020-12-10T12:42:49Z

    Walikota Mojokerto Ika Puspitasari resmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) ” Blooto Berseri”. Bertempat di  RT 002 RW 002, Kelurahan Blooto, kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Kamis (10/12).

    Dalam sambutannya, Ning Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto, disepanjang tahun 2020 Pemerintah Kota Mojokerto telah menggelontorkan dana hingga 6 milyar rupiah yang diperuntukkan untuk membangun IPAL Komunal, Jamban sehat, serta Septic komunal bagi 1000 warga penerima manfaat yang ada di Kota Mojokerto.

    “ Ya.. di Tahun 2019 kemarin, sudah puluhan yang dibangun pemerintah dan sudah ada ratusan warga yg menerima manfaat IPAL komunal, jamban sehat serta septic komunal ini. Tahun 2020 ini kami tambah lagi, dengan total anggaran hingga 6 milyar rupiah, yakni 10 unit IPAL komunal, 15 unit septic  komunal, dan 231 jamban individu. Sudah ada lebih kurang 1000 rumah yang menerima manfaat ini," jelasnya.

    Masih kata Ning Ita, dalam 2 tahun terahir dirinya memang memprioritaskan pembangunan IPAL serta Jamban agar kesehatan warga kota Mojokerto lebih baik daripada sebelumya. Selain itu, berkat kerjasama yang baik antara Pemerintah dengan warga Kota Mojokerto dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat, Kota Mojokerto berhasil memboyong 2 penghargaan bergengsi, diantaranya penghargaan Open Defecation Free (ODF), dan penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

    “Dengan kerja 2 tahun, pembuatan IPAL, septic, serta Jamban yang sangat masif di Kota Mojokerto, Kota Mojokerto berhasil mendapatkan 2 penghargaan bergengsi. Yang pertama Penghargaan Open Defecation Free (ODF), dan yang kedua penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Ini semua berkat kerjasama dan kedisplinan warga Kota Mojokerto yang sudah menerapkan pola hidup bersih serta pola hidup sehat," tuturnya.

    Hadir dalam acara tersebut Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinas PKP) Kota Mojokerto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (BAPPEKO) Mojokerto, Camat Prajurit Kulon, lurah setempat serta beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

    Menutup sambutannya, Ning Ita Mengingatkan kepada warga Kota Mojokerto agar menjaga dan merawat IPAL Komunal, Jamban sehat, serta Septic Komunal yang sudah dibangunkan oleh pemerintah selama ini. Ning Ita juga mengingatkan kepada warga, agar tetap mematuhi Protokol kesehatan dengan 3M (Mencuci tangan, Memakai masker, dan Mengjaga jarak).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini