-->

TETAP ANDAL TANPA PADAM, PLN Terjunkan 201 Personel Borderless Pasukan Khusus PDKB TM 20 kV dan Harbas Terintegrasi

24 Mei 2023, 9:28:00 PM WIB Last Updated 2023-05-24T14:50:50Z

Mojokerto – Sebagai upaya peningkatan keandalan jaringan listrik dan menekan adanya gangguan, PLN selenggarakan kegiatan Borderless Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Menengah (TM) dan Pemeliharan Rabas (Harbas) Terintegrasi di wilayah kerja PLN UP3 Mojokerto, Selasa (23/05) s.d Rabu (24/05). PLN terjunkan 201 personel yang terdiri dari 43 personel PDKB TM terbagi menjadi 3 regu PDKB Sentuh Langsung (SL) dan 2 regu PDKB Berjarak, serta 158 personel yang terdiri dari petugas rabas dan pengawas pekerjaan.

“Borderless PDKB dan pelaksanaan perabasan terintegrasi ini dilaksanakan secara rutin, tujuannya untuk melaksanakan pemeliharaan jaringan secara terpadu dengan tidak melakukan pemadaman, harapannya PLN bisa menekan pemadaman dan dapat meningkatkan pelayanan demi kepuasan pelanggan.” terang Manager PLN UP3 Mojokerto, Yudi Lordianto.
Yudi menambahkan dalam kegiatan borderless PDKB TM yang dilakukan oleh tim gabungan dari UP3 Mojokerto, UP3 Madiun, UP3 Bojonegoro, UP3 Surabaya Utara, UP3 Pasuruan dan UP3 Malang ini juga sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya padam karena gangguan. Rencananya akan dilakukan pengamanan  SUTM dari potensi gangguan binatang, pengamanan ROW, perbaikan konstruksi jaringan SUTM dan lain-lain yang diharapkan akan meningkatkan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan.
“Kita dibantu oleh tim skylift dari UP3 Malang, UP3 Ponorogo, UP3 Madiun dan UP3 Bojonegoro untuk pelaksanaan Harbas, bertujuan untuk mengamankan jarak 3 meter dari jaringan SUTM, tetap semangat selama kegiatan dan utamakan K2K3 untuk keandalan jaringan yang lebih baik.” Ungkap Faris Fitrianto selaku Assistant Manager Jaringan.
Lokasi dilaksanakanya Pemeliharaan Jaringan tanpa padam ini diwilayah ULP Mojokerto, ULP Mojosari dan ULP Jombang. Sedangkan untuk Pemeliharaan Rabas dilaksanakan di wilayah ULP Mojoagung, ULP Jombang, ULP Kertosono dan ULP Nganjuk. 
Armada yang digunakan selama 2 hari kegiatan ini total sebanyak 20 unit yang terdiri dari 3 unit mobil PDKB SL, 2 unit mobil PDKB Berjarak, 5 unit Skylift, 2 unit truck dan 8 pick up.
Terdapat 49 titik yang dilakukan pemeliharaan tanpa padam dan rabas-rabas pohon yang dekat jaringan sebanyak 322 titik pohon dengan saving kWh yang didapat sebesar 146.245,90 kWh dan rupiah yang terselamatkan sebesar Rp 150.896.346,- dari 355.522 pelanggan yang tidak terdampak padam akibat kegiatan pemeliharaan.
Saikudin, salah satu warga setempat mengungkapkan perasaannya setelah dilakukan Pemeliharaan jaringan dan rabas di depan rumahnya, “Kegiatan rabas pohon ini sangat bermanfaat untuk keamanan baik bagi kendaraan maupun bagi kami masyarakat sekitar dan terima kasih banyak kepada PLN yang telah bertugas selanjutnya kami tidak perlu takut terjadi pohon tumbang saat hujan angin dan semoga listrik tetap aman dan andal.” Ungkapnya kepada lintasmojo.com
Dengan kegiatan pemeliharaan tanpa padam dan rabas ini diharapkan dapat meningkatkan keandalan pasokan listrik sehingga pelanggan dapat merasa nyaman dan aman.(*)
Komentar

Tampilkan

Terkini