-->

SRPB Jatim Hadiri Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana di Jogjakarta

27 April 2022, 1:07:00 PM WIB Last Updated 2022-04-27T06:07:21Z

*Jogjakarta* - Puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022 digelar di Teras Merapi, Balerante, Jogjakarta, Selasa, 26 April 2022. Pengurus Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jawa Timur ikut hadir dalam acara ini.
Koordinator SRPB Jawa Timur Dian Harmuningsih hadir bersama Koordinator Bidang Sarana Prasarana Kebencanaan Andreas 'Leo' Eko Muljanto. Serta satu perwakilan mitra SRPB Jatim dari JOSS Peduli, Andreas Tirta Sinulingga.
Rangkaian acara meliputi penandatanganan MoU BNPB dengan beberapa universitas. Salah satunya dari Jawa Timur, yaitu Unitomo Surabaya. Ada juga pagelaran budaya dari relawan setempat, serta monolog tentang kebencanaan.
Tema HKB tahun ini adalah Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana. Peserta acara ini hadir dari berbagai kota dan kabupaten.
"Semua upaya sadar akan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dimulai dari level pribadi. Kemudian level keluarga dan level komunitas," ungkap Koordinator SRPB Jawa Timur Dian Harmuningsih.
Menurutnya, tagline Siap untuk Selamat merupakan usaha agar kita bisa hidup aman, selamat, dan nyaman di lingkungan yang memiliki risiko bencana.
Acara puncak HKB tampak syahdu namun tidak mengurangi kehidmatannya.  Diiringi hujan dan kabut lereng Gunung Merapi nan pekat, acara terasa akrab dan menyatu dengan alam. Para relawan yang hadir tampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini.
Dalam acara ini hadir Kepala BNPB Letjen TNI Suhariyanto. Tampak hadir pula Prof Syamsul Maarif, kepala BNPB pertama. Beberapa undangan lainnya di antaranya Sestama Lilik Kurniawan dan para deputi BNPB.(*)
Komentar

Tampilkan

Terkini

PENDIDIKAN

+