-->

Wagub Jatim Tinjau Mosipena di Kantor BPBD Jatim

02 Maret 2021, 9:19:00 AM WIB Last Updated 2021-03-02T02:19:00Z

Mobil Edukasi Penanggulangan Bencana (Mosipena) rupanya menarik perhatian Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Sehari setelah Mosipena dioperasikan oleh relawan yang tergabung dalam Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim, mobil ini ditinjau oleh Emil Dardak di Kantor BPBD Jatim, Jalan Raya Waru, Sidoarjo, Senin (1/3).
Kunjungan wagub Jatim kali ini berisi beberapa agenda. Dia antaranya  menerima penyerahan donasi program 50.000 masker dari PT. Kosmetika Global Indonesia, mengunjungi unit edukasi kebencanaan Tenda Pendidikan Bencana (Tenpina), dan Mosipena.
Hadir juga Gilang Widya Prama, direktur PT Juragan 99 Trans. ia menyampaikan harapan semoga dengan kontribusi masker yang diberikan oleh PT.Kosmetika Global Indonesia ini mampu mendukung percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jawa Timur.
Gilang dan Shandy, pasangan sultan milenial yang merupakan icon Crazy Rich Surabayan, datang bersama 12 personel dengan membawa armada bis Voyager. Kendaraan ini adalah bagian dari bisnis mereka juga.
Tim Mosipena SRPB Jatim ikut hadir dalam acara ini. Mereka adalah Andreas Eko Muljanto (Leo), Azelin, Wawan Kimiawan, dan Ocha. Tim ini menyiapkan dan mengoperasikan Mosipena dengan cekatan. Mereka juga menjelaskan isi unit mobil ini dengan fasilitas yang dimilikinya.
Sehari sebelumnya, pada Minggu (28/2), Mosipena melakukan perjalanan perdana bersama SRPB Jatim. Unit ini melakukan edukasi di Pondok Pesantren SPMAA di Desa-Kecamatan Turi, Lamongan.
"Saya rasa ini adalah inovasi yang sangat bagus untuk Jatim. Masyarakat bisa mendapatkan pendidikan pengurangan risiko bencana di lokasi melalui Mosipena dengan segala alat yang ada di dalamnya,” ungkap Wagub Emil Dardak.
Selain itu, menurutnya, Tenpina isinya sangat menarik dan bermanfaat. Bahkan ada bukti-bukti fisik benda terdampak longsor dan letusan gunung api. Ini akan menjadi bahan edukasi yang menarik," jelas mantan bupati Trenggalek ini.
Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim Gatot Subroto bersama jajarannya menerima kedatangan para tamu ini dengan sambutan luar biasa. Dalam kunjungan selama sekitar 2 jam tersebut, Emil Dardak merasa terkesan dengan Mosipena dan Tenpina, yang merupakan sarana edukasi yang bagus dan bermanfaat bagi masyarakat.
Mosipena dilengkapi dengan videotron, stand banner, PC, sound system, lampu  penerangan, dan safety cone. Juga perpustakaan yang lengkap dengan buku-buku pengetahuan kebencanaan. Mobil ini bisa dimanfaatkan untuk memberi edukasi kebencanaan kepada masyarakat luas. Mengunjungi titik-titik lokasi sebagai mobil edukasi keliling.(Rif/lintasmojo)
Komentar

Tampilkan

Terkini