-->

Upacara Melasti, Panitia Perketat Prokes

11 Maret 2021, 1:03:00 PM WIB Last Updated 2021-03-11T06:03:11Z

Jelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943 / 2021 Masehi yang jatuh pada tanggal 14 Maret mendatang, puluhan umat Hindu Kota Mojokerto gelar upacara Melasti di Pura Bala Widya Mandira SPN Mojokerto Kecamatan Bangsal, Mojokerto. (11/3)
Meskipun masih dalam masa pandemi covid-19 tidak menyurutkan niat umat Hindu Kota Mojokerto dalam menjalankan upacara Melasti meskipun secara sederhana, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Turut hadir dalam upacara tersebut I Ketut Sukena ketua PHDI (Parisadha Hindu Dharma Indonesia) Kota Mojokerto.
Pelaksanaan Upacara Melasti tahun ini dilakukan secara sederhana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya "Hari ini kita melakukan upacara Melasti di Pura secara sederhana, berbeda dari tahun sebelumnya yang kita lakukan di Petirtaan Jolotundo bersama-sama umat Hindu Kabupaten Mojokerto", terang Ketut Sukena.
Upacara Melasti sendiri memiliki makna sebagai upacara penyucian diri dalam menyambut hari raya Nyepi, "Sebelum melakukan catur bratha pernyepian didahului dengan upacara Melasti sebagai bentuk penyucian diri", tambah Ketut Sukena.(Rif/lintasmojo)
Komentar

Tampilkan

Terkini