-->

Ini Manfaatnya Bagi Pemilik KIA

23 Februari 2021, 9:46:00 AM WIB Last Updated 2021-02-23T02:46:56Z

Inovasi terbaru Dispendukcapil Kota Mojokerto yakni bakal luncurkan KERAPU ANAK (Kerjasama Pemanfaatan Kartu Identitas Anak/KIA). Kepala Dispendukcapil Ikromul Yasack mengatakan program ini bertujuan untuk mengajak para pelaku usaha agar ikut berpartisipasi dalam rangka optimalisasi fungsi dari Kartu Identitas Anak (KIA).
" Tidak hanya sekedar berupa kartu identitas resmi anak usia 0-17 thn (kurang 1 hari) saja, tetapi KIA akan mampu memberi nilai tambah bagi pemiliknya,"jelas mantan kepala DLH ini kepada Lintasmojo.com.
KIA ini diharapkan memiliki fungsi ekonomi, sehingga bisa digunakan dalam proses transaksi jual beli. KIA dapat digunakan sebagai Kartu Diskon (Potongan Harga) dalam proses transaksi di toko-toko yang telah bermitra dengan Disdukcapil Kota Mojokerto.
Karena pemegang KIA adalah anak-anak usia sekolah, maka sektor usaha yang diajak bermitra tentu saja yang diprioritaskan adalah yang ada kaitannya dengan kebutuhan sekolah anak. Namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan kerja sama dengan sektor usaha lainnya dalam lingkup yang lebih luas seperti sektor wisata, warung makan/restoran, tempat bermain anak, dsb, tetapi tetap saja harus ada kaitannya dengan kebutuhan anak secara umum.
" Namun tetap harus mampu memberikan nilai tambah pada KIA dalam membantu orang tua yang tidak mampu dalam pemenuhan kebutuhan anak-anak mereka.
Dengan adanya kerja sama kemitraan ini nantinya diharapkan animo masyarakat Kota Mojokerto dalam mengurus dokumen KIA-nya akan semakin meningkat, sehingga target agar seluruh anak di Kota Mojokerto memiliki KIA bisa lebih cepat tercapai," tambah Ikromul.
Dispenduk Pencapil Kota Mojokerto telah mampu menggandeng 5 mitra usaha untuk bekerjasama pemanfaatan KIA dan akan bertambah dalam setiap tahunnya. Yang sudah terlaksana adalah kerjasama dengan :
1.     Warung Cak Muk (PKS mulai 21-01-2021) dengan memberikan potongan discount 10 %.
2.     BRI Cabang Mojokerto (PKS mulai 23-11-2020) dimana untuk pembukaan rekening baru langsung dengan nama anak yang bersangkutan tidak lagi dengan QQ nama orang tua.
3.     Toko ATK Surya (PKS mulai 21-01-2021) dengan memberikan discount 5 % untuk pembelian produk tas, seragam dan kotak pensil
4.     Tempat bermain anak Game Fantasia dengan memberikan bonus pulsa game sebesar             Rp. 10.000,- setiap transaksi pembelian Rp. 80.000,- (PKS dalam proses)
5.     KFC Mojokerto (surat balasan tertulis menyusul)
Komentar

Tampilkan

Terkini