-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Mojokerto dan Sekitarnya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sunrise Mall Multiplier Effect(pengaruh atau dampak positif adanya sunrise mall)

    27 Desember 2020, 5:56:00 PM WIB Last Updated 2020-12-27T10:56:01Z

    Diera pandemi ini, semua pasti tahu bahwa hampir semua sisi kehidupan manusia baik ekonomi dan social sangat terdampak akan adanya penyebaran Covid 19. Hampir semua lini bisnis dan usaha terdampak besar adanya pandemi ini, tak jauh beda dengan sisi social, banyak kebijakan kebijakan pembatasan yang diberlakukan pemerintah guna memutus penyebaran Covid-19. Namun dari semua hal buruk yang saat ini menimpa kita semua, alangkah baiknya kita terus bisa berfikir positif, agar mampu melewati pandemi ini Bersama dan bangkit kembali membangun masa depan di tahun 2021. Saatnya kita semua baik pemerintah, pengusaha, media, dan masyarakat bergandeng tangan dan bahu membahu untuk Bersama sama berkomitmen membendung penyebaran pandemi ini dengan menerapkan protocol kesehatan.  Dimomen ini kita sedang diuji secara skill, ide kreatif, kemampuan negosiasi, komunikasi, dan perhitungan angka angka dan kemampuan lain untuk bisa bertahan melewati masa sulit ini. 
    Menjelang akhir tahun ini kami ingin memberikan beberapa catatan penting perihal keberadaan dunia usaha diera pandemi yang ada di Kota Mojokerto dan sekitarnya, terutama dalam hal ini bagaimana Sunrise Mall Mojokerto ikut berkontribusi dalam meningkatkan taraf kehidupan bagi masyarakat sekitar, apalagi selama pandemi ini. Saat pandemi seperti sekarang, kami dan tim merasa punya tanggung jawab yang besar untuk Bersama sama menjaga iklim bisnis para investor yang sudah menanamkan modalnya di Kota Mojokerto tetap bisa sustain. Artinya para investor ini harus mendapatkan kepastian dan dukungan baik dari landlord maupun dari pemerintah, agar bisnis yang dijalankan ini bisa bertahan terus sehingga berdampak secara positif bagi perkembangan dunia usaha serta mampu mendatangkan PAD yang besar bagi Kota Mojokerto. 
    Hal ini Ini penting karena tidak banyak orang sadar bahwa sesungguhnya Sunrise Mall secara tidak langsung telah memberikan apa yang disebut Multiplier Effect (efek pengganda), bagi masyarakat luas.  Serta diakui atau tidak keberadaan Sunrise Mall membuka etalase baru wajah Kota Mojokerto. Kita semua berharap dengan adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat luas, keberadaan bisnis di Sunrise Mall yang sangat berat ditengah pandemi ini bisa dilewati Bersama. Sehingga Sunrise Mall bisa terus bertahan dan mampu menjadi kebanggaan baik dalam hal usaha dan bisnis serta lifestyle bagi warganya. 
    •Customer•
    Keberadaan mall pertama dan satu satunya ini mendatangkan ratusan ribu pengunjung tiap bulan baik dari Kota Mojokerto sendiri maupun kota kota besar lainnya di Indonesia. Hal ini bisa berpotensi meningkatkan transaksi peredaran uang yang ada didalamnya. Ini penting karna semakin banyak uang berputar (spreading money) di area Mojokerto maka produktifitas warga lokal juga akan berdampak.
    •Aktivitas Event•
    Percaya atau tidak dengan adanya Sunrise Mall semakin banyak pula agenda event yang digelar. Hal ini selain mampu meningkatkan bisnis disektor pariwisata juga mampu meningkatkan branding Mojokerto kemata dunia. Banyak juga produsen dan perusahaan skala nasional telah melakukan kegiatan promosi mereka Bersama kami. Ini sekaligus menambah pendapatan UKM local dan vendor lokal akan pengadaaan barang seperti konsumsi, penyewaan alat pesta dan sound sistem, lighting dan lain sebagainya.

    •Parkir•
    Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Sunrise Mall termasuk salah satu pelopor parkir resmi yang memberikan pajak daerah (PAD) kepada Kota Mojokerto. Artinya pendapatan parkir selama ini resmi ada pajak yang disetorkan kepada Pemerintah Kota. Dan kami bangga termasuk pelopor tertib bayar pajak daerah di Kota Mojokerto.
    •Arus Barang dan Jasa•
    Seiring banyaknya investor Nasional dan Lokal yang membuka gerainya di Sunrise Mall, maka terjadi peningkatan jumlah arus barang dan jasa yang ada di sekitaran Mojokerto. Coba tengok brand sekelas Matahari berapa ratus kilo setiap bulannya melakukan pengiriman dari Jakarta. Brand sekelas JCO berapa kg setiap bulannya mengirimkan bahan mentahnya ke Sunrise Mall. Ini juga berpotensi meningkatkan UKM Lokal bermain menjadi suplier untuk beberapa gerai yang ada disana. 

    •Ekonomi Lokal Tumbuh•
    Potensi peningkatan putaran uang di sekitar Mojokerto membuat banyak orang semakin kreatif dan melakukan inovasi. Produk mereka juga kami berikan tempat untuk bersaing dan terus berkreasi dibeberapa pameran bertajuk UKM agar keberlangsungan bisnis mereka juga bisa terjaga. Artinya kami terus berperan aktif dan tidak melupakan produk UKM lokal Mojokerto seperti pameran batik, sepatu dan beberapa kreasi makanan hasil karya asli Kota Mojokerto untuk ikut Bersama merasakan berbisnis Bersama di Sunrise Mall.
    •Potensi Tempat Inap(Kos)
    Ini jelas semakin banyak yang terdampak. Para pegawai yang datang dari luar Mojokerto, secara tidak langsung akan meningkatkan jumlah hunian tempat inap baik hotel ataupun kos kosan. Sekedar informasi bahwa keberadaan warga luar kota saat ini cukup banyak karena mereka bertugas dan melakukan kegiatan usaha Bersama kami.
    •Lapangan Pekerjaaan•
    Semakin banyak investor yang masuk ke Sunrise Mall Mojokerto ini juga berkorelasi dengan peningkatan kebutuhan pegawainya. Kesempatan pembukaan lapangan kerja baru juga terus bertumbuh. Ini yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat lokal dan membawanya naik kelas dari daerah lain. 

    •Image Mojokerto•
    Mojokerto adalah kota yang besar, dan potensial namun banyak yang belum dimaksimalkan. Kita ambil contoh daerah yang sekarang lagi jadi potensial market buat calon investor. Sebut saja Jember yang punya acara bertaraf internasional. Banyuwangi punya segudang ide hebat buat mendevelop daerahnya. Malang yang punya puluhan kampus besar. Sidoarjo punya ratusan industri besar atau kediri yang secara image sudah jauh lebih baik dimata investor karena mampu memanage areanya. Diprediksi 2021 ini banyak investor yang akan mengembangkan bisnisnya didaerah. Jika tanpa dukungan dan peran serta semua, Mojokerto akan tertinggal. Tapi kami sangat yakin sejak awal dengan dukungan dari pemerintah, pengusaha local, media dan masyarakat, saat ini tingkat kepercayaan investor terhadap Mojokerto juga semakin baik. Salah satunya keberadaan Sunrise Mall diakui sangat potensial untuk brand sekelas Gojek, dan Mojokerto menjadi salah satu area terbaik di Jawa Timur dengan layanannya. Menurut perusahaan aplikasi karya anak bangsa ini, Sunrise Mall adalah destinasi paling tinggi untuk layanan gocar dan go foodnya. Kepercayaan ini penting untuk bisa membuat para investor lain juga mau menanamkan modalnya di Mojokerto karena bisa berimbas pada peningkatan kemakmuran masyarakatnya. 
    Inilah sedikit catatan kami mengenai dampak positif adanya Sunrise Mall di Mojokerto. Sesungguhnya ditengah pandemi ini, kami yakin semua bisnis sangat terdampak termasuk bisnis kami di Sunrise Mall. Ada banyak sekali bidang dan jenis usaha yang dikembangkan disana. Dan banyak yang tahu juga beberapa bisnis mereka juga terpaksa harus tutup akibat pandemi ini dimana secara otomatis akan berdampak adanya PHK dari pegawai yang ada. Oleh karenanya sekali lagi, kami berharap dukungan terus dari pemerintah daerah untuk pelaku usaha dengan selalu membangun komunikasi yang konstruktif karena pelaku usaha merupakan mesin utama penggerak perekonomian daerah. 
    Selain itu kami juga akan terus berkomitmen untuk melibatkan semua elemen agar pandemi ini bisa kita putus rantainya bersama sama dengan terus menerapkan protocol kesehatan yang ketat saat memasuki area Sunrise Mall.
    Terakhir, menyongsong tahun 2021 kami sampaikan akan terus ada investor nasional yang akan membuka gerai barunya di Kota Mojokerto dan sudah menjalin komunikasi Bersama kami, jadi mari terus optimis, berinovasi dan berkolaborasi serta menjaga iklim investasi yang kondusif dengan menerapkan perijianan yang mudah agar Kota Mojokerto terus bisa menjadi jujukan bagi investor nasional dalam mengembangkan bisnis dan usahanya.
    Mojokerto, 15 Desember 2020
    - Andiyanto Vino 
    Chief Marketing & TR
    Founder VAST Business Assistant
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini