-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Mojokerto dan Sekitarnya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Cerita Huda Pengepul Bunga Kamboja di Kota Mojokerto

    25 September 2020, 1:01:00 PM WIB Last Updated 2020-09-25T06:01:27Z

    Bagi Huda, 40, warga Miji Baru 2 Jalan Pahlawan Kota Mojokerto berprofesi sebagai pengepul bunga kamboja. Saat ditemui, Jumat (25/9) Lintasmojo.com sibuk memproses pengeringan. 
    Menjadi pengepul bunga kamboja dilakoni sejak 30 tahun lamanya. Selain dari memungut bunga kamboja di Taman Makam Pahlawan Kota Mojokerto. Dirinya juga menerima dari berbagai pemungut dari makam-makam yang ada di wilayah Kota Mojokerto. 
    " Banyak pemungut yang setor kesini dari berbagai wilayah di kota maupun kabupaten mojokerto. Dalam sehari bisa tiga sampai empat sak," jelasnya. 
    Huda menceritakan proses pengeringan dengan menjemur sehari hingga dua hari, itupun melihat cuaca. Jika panas hanya butuh sehari saja. 
    " Yang paling istimewa bunga-bunga itu tak ada sampahnya, yakni daun atau kotor. Yang dibutuhkan warnanya yang coklat, bersih, lebar dan utuh," jelasnya. 
    Dalam seminggu di TMP saja bisa terkumpul 40kg dan dari berbagai pabrik yang ambil yakni Surabaya, probolinggo hingga Sidoarjo." Soal digunakan untuk apa mereka bilang sebagai bahan dasar kosmetik, " tambahnya. Terkait harga, untuk saat ini perkg nya 10 ribu. Sebelum banyaknya pengepul, bisa mencapai 100 ribu perKgnya.(rey/lintasmojo)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini