-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Mojokerto dan Sekitarnya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Petani di Sumobito Berburu Hama Tikus Disawah Dengan Cara Ampuh Dan Ekonomis

    28 Agustus 2020, 3:26:00 PM WIB Last Updated 2020-08-28T08:26:43Z

    Beginilah cara ampuh dan ekonomis membasmi hama tikus yang merusak tanaman jagung disawah. Seperti halnya, yang dilakukan sebagian petani di Dusun Mojodadi, Desa Plemahan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, pada Kamis malam.
    Menurut Fatkur Rozi (46), salah seorang petani setempat menjelaskan, banyaknya hama tikus yang merusak tanaman jagung yang baru ditanamnya itu, sehinga membuat dirinya harus melakukan perburuan tikus sendirian disawahnya miliknya.
    "Kami berburu hama tikus, karena tikus-tikus ini memakan tanaman jagung yang baru dua minggu saya tanam,"kata Faktur Rozi, Kamis (27/8) malam, saat berada disawah.
    Dirinya melakukan perburuan dengan cara yang baru ia temukan, yaitu dengan menggunakan portas yang dimasukan kedalam botol bekas air meneral ukuran satu liter dicampur dengan air dan dikocok hingga larut dengan air.
    Selanjutnya, mencari lubang tempat tikus bersembunyi disepanjang pematang sawah. Setelah menemukan lubang tikus kemudian cairan itu disemprotkan kedalamnya dan ditutup, tidak berselang lama hanya dalam waktu satu menit tikus itu sempoyongan keluar lubang dan mati.
    "Cara ini cukup efektif dan bisa dilakukan sendirian tidak usah orang banyak, dalam waktu satu jam kami bisa mendapatkan 25 ekor tikus. Sedangkan dalam satu liter botol air kami beri 3 portas," terangnya.
    Perburuan hama tikus itu, dilakukan Faktur Rozi hampir setiap malam disawah miliknya yang luasnya mencapai 150 bata. Pantauan dilokasi, bukan hanya Faktur yang melakukan itu tetapi sejumlah petani juga terlihat sedang berburu hama tikus. (Jang)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini