-->
  • Jelajahi

    Copyright © Berita Mojokerto dan Sekitarnya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalus Pacet - Cangar

    17 Juli 2020, 11:46:00 PM WIB Last Updated 2020-07-17T16:46:19Z

    Pohon besar berdiameter 50 centimeter tumbang dan melitang di atas bahu jalan membelah Taman Hutan Raya R. Soerjo. Tepatnya tepat di Jalur Cangar KM 9 Desa Pacet selatan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Akses jalan alternatif Pacet-Cangar, Kota Batu, sempat tersedat, kemarin (17/7).
    Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini, menjelaskan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Tumbangnya pohon berjenis pakis ini karena tak kuat menahan hembusan angin kencang yang terjadi di kawasan hutan. ’’Disisi lain, pohon juga sudah termakan usia rapu,’’ ungkapnya.
    Tak ada korban jiwa dalam peritiwa ini lantaran pada saat pohon tersebut tumbang, tak ada pengendara yang melintas. Namun, besarnya pohon membuat akses dari dua arah sempat terputus. Kondisi itu membuat tim reaksi cepat melakukan evakuasi. Hasilnya, sekitar pukul 16.30 WIB, pohon berhasil dibersihkan dari badan jalan.
     ’’Setelah pohon berhasil dievakuasi. Lalu lintas kembali dapat dilalui oleh Kendaraan Roda dua maupun roda empat,’’ tuturnya.
    Zaini menegaskan, pengendara yang melintas harus tetap selalu waspada. Menyusul, cuaca yang tak menentu sekarang ini membuat pohon yang berada di samping kanan dan kiri jalan alternative Pacet-Cangar, rentan tumbang. Selain kecepatan angin belakangan di atas rata-rata. Khusunya di dataran tinggi. Rimbunnya daun juga bisa menjadi salah satu pemicu pohon tumbang. ’’Apalagi, banyak pohon termakan usia, jarang dilakukan pemotongan atau peremajaan. Jalur itu kan juga sering jadi jujukan wisatawan,’’ tegasnya.(rey/lintasmojo)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini