...


Gemarnya belanja online oleh masyarakat memicu munculnya banyak penipuan di pasar online. Tetapi tidak semua belanja di online berbahaya, untuk itu kita harus waspada dan menerapkan kiat-kiat belanja online yang aman dan nyaman. Hal ini menghindari adanya kerugian yang ditimbulkan dari belanja online, sehingga belanja online terasa lebih nyaman tanpa takut tertipu. Berikut adalah 5 tips belanja online dengan aman dan nyaman :

1. Riset dan Gunakan Situs Belanja Online Terpercaya
Sebelum berbelanja online, periksa apakah situs tersebut sudah aman dan terpercaya. Salah satu indikatornya adalah sudah memiliki aplikasi yang mempunyai sistem sekuriti aman. Selain itu, situs online terpercaya pastinya sudah di gunakan oleh banyak orang, nama besar tersebut pastinya memiliki sistem sekuriti yang terjamin. Sebelum mengetahui situs tersebut aman dan terpercaya, maka kita baiknya melakukan riset terhadap situs tersebut. Mulai dari kantor fisik, kontak resmi yang dapat dihubungi dan melihat review dari orang-orang yang sudah menggunakan situs belanja online tersebut.

2. Pilih Penjual yang Memilik Reputasi Baik
Setelah mengetahui bahwa situs belanja online tersebut aman, langkah selanjutnya adalah menemukan penjual yang memiliki reputasi terbaik. Untuk situs belanja online yang menerapkan sistem marketplace, meskipun sudah terpercaya, tetapi kadang seller yang belum memiliki reputasi baik patut diwaspadai. Biasanya di marketplace, mengetahui reputasi seller dapat dilihat dari bintang, penjualan per bulan, review pembeli dan badge yang didapat. Berbeda dengan seller yang sudah memiliki aplikasi android sendiri, hal ini bisa dipastikan bahwa dia memiliki reputasi dan track record bagus.

3. Perhatikan Deskripsi Produk dan Potongan Harga dengan Teliti
Lakukan budaya membaca sebelum membeli sesuatu, agar tidak terjadi kesalahan ketika barang sudah sampai di tangan. Karena membeli online tidak bisa menyentuh barang secara langsung, sehingga mengandalkan deskripsi dari penjual. Apalagi untuk barang yang memerlukan ukuran pasti dalam membelinya. Selain itu, perhatikan juga potongan harga yang diberikan oleh penjual. Ketika potongan harga tersebut tidak masuk akal, maka pertanyakan kejelasannya pada penjual melalui fitur Chat di aplikasi tersebut. Apalagi yang menawarkan barang murah dan klaim original, karena belakangan ini banyak sekali produk KW yang beredar di pasaran online dengan harga sangat murah dari aslinya.

4.Pertimbangan Cara Pembayaran dan Gunakan Rekening Bersama
Saat ini, belanja online yang menerapkan sistem marketplace pasti memiliki rekening bersama. Dalam hal ini, rekening bersama  adalah cara teraman untuk melakukan pembayaran belanja online. Rekening bersama memberikan jaminan kepada pembeli bahwa ketika barang tidak sampai ke pembeli atau mengalami kendala, maka uang tersebut akan ditransfer kembali ke pembeli. Bagi pengguna kartu kredit, pembayaran melalui kartu kredit juga dirasa lebih aman. Karena jika terjadi kendala pada barang yang dibeli, maka pembayaran akan terbatalkan otomatis. Selain itu, sistem pembayaran lain seperti COD, menjadi alternatif baru untuk belanja online.

5. Periksa Harga Total dan Simpan Bukti Transaksi
Sebelum mengakhiri pembelian di online dan melakukan pembayaran, ada baiknya periksa harga total belanja untuk menghindari kesalahan dalam pembelian. Setelah melakukan pembayaran baik secara transfer, kartu kredit, atau COD, simpan bukti transaksi atau bukti transfernya. Hal ini untuk menghindari jika ada trouble dan diminta pihak marketplace untuk melampirkan bukti pembayaran. (sumber artikel: Topsell)

Gemarnya belanja online oleh masyarakat memicu munculnya banyak penipuan di pasar online. Tetapi tidak semua belanja di online berbahaya,

Label:

Post a Comment

Mari bijak dalam berkomentar, Jangan menyinggung SARA, Jangan melakukan komentar spam atau promosi, trims

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
close