-->

Menjadi Korban Sengatan Tawon Vespa, Wajah Ibu Hamil di Jombang Bengkak

14 Juli 2023, 3:50:00 PM WIB Last Updated 2023-07-14T08:50:34Z

Puluhan tawon jenis vespa menyerang dan menyengat seorang ibu hamil (bumil) di Dusun/Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Rabu (12/7/2023) siang. Akibatnya, wajah wanita yang sedang hamil enam bulan ini memar dan bengkak.
Selanjutnya korban yang bernama Neni Setian Pratiwi (31) dilarikan ke dokter untuk mendapatkan pertolongan medis. Keluarga Neni juga melapaorkan kejadian tersebut ke Pos Damkar Mojoagung. Mereka meminta bantuan untuk memindahkan sarang tawon yang berada di atas teras rumahnya, Kamis (13/7/2023) sore.
Selanjutnya, Kamis malam, tim dari Damkar datang ke lokasi dengan membawa peralatan lengkap. Petugas yang sudah memakai APD (alat pelindung diri) langsung beraksi. Sarang sebesar bola voli itu dibakar. Tawon yang menghuni sarang pun kabur. Sedangkan sarang dievakuasi.
"Sarang tersebut usianya sekitar dua bulan. Sarang tawon kita musnahkan dengan cara dibakar. Kita mendapatkan dari warga terkait adanya sarang tawon yang meresahkan warga. Lalu kita musnahkan sarang tawon yang ada di rumah Pak Bambang ini," kata anggota Pos Damkar Mojoagung Riza Maulana.
Lanjut Riza, pihaknya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat yang melihat adanya sarang tawon, jangan ragu agar segera melaporkannya, biar tidak terjadi jatuhnya korban akibat sengatan tawon tersebut.
"Pesan dari kami pemadam, untuk warga yang melihat ada sarang tawon di rumahnya agar segera laporan. Untuk arahnya, kita arahkan untuk buat surat dulu dari Desa dan setelah itu ditujukan ke Kalaksa BPBD Kabupaten Jombang. Dan untuk pelayanan kami semua gratis tanpa dipungut biaya," imbuhnya.
Sementara korban sengatan tawon, Neni S Pratiwi mengatakan, petaka itu terjadi Rabu siang. Awalnya, Bambang (75), sang ayah, hendak mengevakuasi tawon secara mandiri. Pasalnya, sudah dua bulan ada sarang tawon di atas teras rumahnya.
Karena itulah kawanan tawon vespa mengamuk. Pada saat bersamaan Neni keluar dari rumah. Karuan saja, puluhan tawon tersebut mengejar Neni. Wanita yang sedang hamil ini pun berlari menyelamatkan diri.
Hanya saja, Neni kalah lincah dengan hewan jenis serangga tersebut. Dalam sekejab, tawon-tawon tersebut menyengat tubuh Neni tanpa ampun. Bagian leher, tangan, serta punggung tidak luput dari serangan. "Wajah saya jadinya bengkak seperti ini. Padahal yang kena sengat bagian leher," terang Neni.
Takut terjadi sesuatu, Neni kemudian berangkat ke dokter setempat untuk mendapatkan pertolongan medis. "Saat kena sengat tawon, tubuh saya rasanya panas. Sakit sekali. Saya langsung mandi. Malah jadinya wajah saya bengkak," pungkas Neni. (jang)
Komentar

Tampilkan

Terkini