-->

Kepergok Warga Hendak Memangsa Ayam, Ular Sepanjang 4 Meter Dievakuasi Petugas Damkar

16 November 2022, 12:49:00 AM WIB Last Updated 2022-11-15T17:49:10Z

Seekor ular sanca kembang sepanjang 4 meter memasuki pemukiman warga di Dusun Purwodadi, Desa Grobogan, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Selasa (15/11/2022) malam, sekitar pukul 21.00 WIB. Ular dengan bobot 15 kilogram tersebut, akan memangsa ayam di dalam kandang milik warga.
Menurut keterangan Umar Ma'arif warga setempat, ular liar yang dalam kondisi lapar tersebut, memasuki pemukiman karena kelaparan. Dan saat akan memakan ternak dalam kandang, ular tersebut dipergoki warga sehingga lari ke area perkebunan pisang.
"Tadi ularnya akan memakan ayam dalam kandang, terus ketahuan salah satu warga dan diusir lari ke kebun pisang," kata Ma'arif
Lantaran khawatir, kemudian warga menghubungi tim Damkar pos Ngoro, BPBD Kabupaten Jombang untuk dilakukan evakuasi. 
"Ular ini liar, sepertinya dari hutan di belakang rumah. Warga disini, sudah sering kehilangan ayam ternaknya," pungkas Ma'arif.
Sementara di lokasi yang sama, Danru Pos Damkar Ngoro, BPBD Kabupaten Jombang, Septa Agung Priandana mengaku mendapatkan laporan warga adanya ular Sanca Kembang yang memasuki pemukiman warga dan akan memakan hewan ternak.
"Begitu kita tiba ke lokasi, kita langsung melakukan pencarian ular yang kabur ke kebun pisang. Setelah kita temukan lalu kita tangkap. Untuk jenisnya, ular sanca panjangnya 4 meter, dan beratnya 15 kilogram," terangnya.
Ia mengaku jika selama melakukan evakuasi ada sedikit kendala karena ular berada di antara pohon pisang. Selain itu, di lokasi pun terlihat banyak warga yang menyaksikan evakuasi ular, sehingga harus berhati-hati agar tidak menyerang warga.
"Kendalanya, kepala ular agak masuk ke dalam pepohonan pisang, terus kita provokasi sehingga ularnya keluar dan kita tangkap ekornya dulu kemudian kepalanya, selanjutnya kita evakuasi untuk dibawa ke pos Damkar Ngori," pungkas Septa Agung Priandana. (jang)
Komentar

Tampilkan

Terkini