-->

Banjir Setinggi Dua Meter Merendam Pemukiman Warga Desa Kebondalem Mojoagung

15 Februari 2021, 11:35:00 PM WIB Last Updated 2021-02-15T16:35:27Z

Banjir merendam ratusan rumah warga di Dusun Kebondalem, Desa Kademanagan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Minggu (14/2) malam. Banjir disebabkan akibat dua sungai besar yang berada disebelah barat dan timur desa setempat, meluap.
Kepala Dusun Kebondalem, Erwan Susanto mengatakan, sebelum air naik terjadi hujan lebat dihulu selama hampir empat jam, sehingga yang dihilir air meluap. Akibatnya, dua sungai besar yang berada disebelah timur dan barat Desa setempat tidak bisa menampung debit air yang terus meningkat, sehingga meluap dan masuk ke pemukiman warga.
"Tadi sejak jam 4 sore hujan di Wonosalam, sampai jam 7 malam. Terus sekitar jam 8 malam, air mulai naik dan meluap ke permukiman, khususnya di desa Kademangan ini," kata Erwan, Minggu malam saat berada di balai desa Kademangan.
Lebih lanjut Erwan menjelaskan, jika kampungnya itu dihimpit dua sungai besar. Di sebelah barat ada sungai catak banteng aliran dari sungai Konto Kandangan, dan sebelah timur sungai Pancir Gunting aliran dari Wonosalam. "Jadi kalau di hulu hujan deras, sungainya meluap dan masuk ke permukiman penduduk sini," terangnya.
Akibat luapan sungai itu, empat Desa di Kecamatan Mojoagung, yakni, Desa Mancilan, Betek, Karobelah dan Kademangan terendam air. Dan yang terparah, dengan ketinggian air mencapai 2 meter terjadi di Desa Kademangan.
"Di Kademangan ketinggian air sampai dua meter. Karena ini juga variatif, jadi yang terdalam itu dua meter. Di dalam rumah itu yang terdalam 50 sampai satu meter," ungkapnya.
Dia menyebut, sampai pukul 21.30 Wib, tercatat 618 rumah warga Dusun Kebondalem, Desa Kademangan yang tergenang banjir. Jumlah itu belum dari desa lain yang turut terkena banjir. Sejumlah warga pun, terlihat mulai mengungsi ke balai desa setempat.
"Untuk warga yang mengungsi di posko balai desa, ada 7 orang lansia, anak anak 16 orang, dan 13 orang dewasa. Lainnya ke tempat saudaranya yang tidak terdampak," pungkas Erwan Susanto.
Pantauan dilokasi, terlihat anggota BPBD Kabupaten Jombang, Koramil dan Polsek Mojoagung dibantu sejumlah anggota relawan Semar, Gatana serta Tagana untuk melakukan evakuasi puluhan warga yang rumahnya terendam banjir menggunakan satu perahu. (Jang)
Komentar

Tampilkan

Terkini