-->

Banjir Menerjang Empat Kecamatan di Kabupaten Jombang

02 Februari 2021, 1:42:00 PM WIB Last Updated 2021-02-02T06:42:27Z

Sebanyak empat kecamatan di wilayah Kabupaten Jombang di terjang banjir kiriman dari wilayah hulu sungai Pancir dan sungai Gunting yang berada di wilayah pegunungan Anjasmoro, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. (1/2) malam.
Akibat luapan sungai,  banjir merendam rumah warga hingga ketinggian air mencapi 2 meter lebih. Hujan deras yang turun diwilayah selatan Kabupaten Jombang kurang lebih tiga jam.
Akibat curah hujan tinggi tersebut, membuat debet air berlebih dan tidak tertampung di dua aliran sungai yang berhulu di kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang bahkan mengakibatkan longsoran kecil.
Dari derasnya aliran sungai Pancir dan sungai Gunting ini akhirnya meluap dan membuat banjir di sepanjang aliran yang melalui empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Wonosalam, Kecamatan Mojowarno, kecamatan Bareng dan Kecamatan Mojoagung.
Banjir terparah terdapat di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang dengan ketinggian air mencapai dua meter. Bahkan sekitar 400 ratus rumah terendam banjir. Tidak sedikit petugas melakukan evakuasi warga yang mempunyai balita dengan menggunakan perahu karet.
Pepi Maria, petugas BPBD kabupaten Jombang, mengatakan Meski aliran air dari atas cukup deras menjelang pagi ketinggian air berkurang.”Banjir dengan ketinggian air mencapai dua meter, sekitar 400 ratus rumah terendam banjir, petugas melakukan evakuasi warga dengan perahu karet,” terang Pepi.
Namun tidak menutup kemungkinan banjir meluas ke wilayah hilir sungai Pancir dan sungai Gunting yang berada di sebelah utara wilayah Kabupaten Jombang. (Jang)
Komentar

Tampilkan

Terkini