...


Dewasa ini, E-commerce mulai ramai di masyarakat. Apalagi gencarnya isu perkembangan bisnis startup, sehingga lahirlah Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan banyak lagi marketplace di Indonesia. Sehingga pola konsumsi masyarakat mulai bergeser, banyak orang yang sudah mulai percaya untuk belanja melalui toko di internet. Namun, toko offline juga tidak serta merta hilang begitu saja, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah kelebihan belanja di online, yakni:

Kelebihan

-  Efisiensi waktu, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, tidak perlu menunggu waktu libur panjang

- Harga lebih murah dibandikan toko offline, karena tidak memerlukan biaya operasional tinggi, selain itu banyak program gratis biaya kirim.

- Jika di marketplace, mereka sudah menjamin kualitas dan kepercayaan penjual di dalamnya, sehingga pembeli tidak perlu khawatir untuk melakukan transaksi. Pembeli juga bisa berinteraksi langsung dengan penjual pada fitur chat.

-  Barang lebih bervariasi, dan dapat dengan mudah berpindah toko jika ada ketidakcocokan dengan satu toko.

-  Tidak lapar mata, dan terhindar dari keinginan untuk membeli barang yang bukan prioritas.

-  Transaksi kini lebih mudah, tinggal transfer dan pihak penjual akan menyiapkan barang, pembeli tinggal menunggu barang datang di rumah.

Kekurangan

- Biaya kirim barang cukup mahal, apalagi ketika jarak antara pembeli dan penjual cukup jauh, misalnya Mojokerto-Jakarta. Namun, program ongkos kirim sudah banyak di berikan oleh marketplace, sehingga pembeli bisa mendapatkan subsidi dari marketplace tersebut.

- Tidak semua produk yang dibeli di toko online memiliki garansi, kecuali produk resmi. Maka, pembeli harus lebih hati-hati dan selektif dalam membeli barang dan soal garansinya.

-  Kadangkala barang tidak sesuai pesanan, misal ukuran sepatu, baju dan barang lain yang membutuhkan pengukuran pasti. Namun untuk mengatasi itu, sebelum melakukan transaksi, pembeli harus memastikan dengan berkomunikasi dengan penjual.

-  Bicara soal internet, pasti terdapat cybercrime juga. Untuk itu pembeli harus tetap waspada dalam memberikan data pada penjual, marketplace dan pihak lainnya di internet.

Meskipun begitu, belanja offline juga tidak benar-benar ditinggalkan, karena belanja offline juga tidak kalah menyenangkan dibandingkan online. Apalagi ketika bisa melakukan belanja online dan offline dalam satu tempat, lebih menyenagkan keliatannya ya.(sumber: topsell)

Dewasa ini, E-commerce mulai ramai di masyarakat. Apalagi gencarnya isu perkembangan bisnis startup, sehingga lahirlah Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan banyak lagi marketplace di Indonesia

Label:

Post a Comment

Mari bijak dalam berkomentar, Jangan menyinggung SARA, Jangan melakukan komentar spam atau promosi, trims

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
close